Karena Gambar Bendera, Pameran Manga ‘One Piece’ di Korea Selatan Batal

WowKeren.com – Siapa yang tidak tahu “One Piece” yang sangat populer di kalangan penggemar manga Jepang? Untuk pertama kalinya, pameran “One Piece” rencananya akan diadakan di Korea Selatan. Namun sayang, pameran yang awalnya akan diadakan di Monumen Perang area Peace Plaza, Seoul, itu kemudian dibatalkan karena gambar sebuah bendera.

Gambar bendera yang merupakan lambang tersebut ada di manga “One Piece”, dilansir Allkpop. Lambang tersebut memiliki bentuk matahari terbit. Bagi orang Jepang, lambang tersebut memiliki makna religius karena melambangkan Dewi Matahari, Amaterasu, sekaligus merupakan bendera militer Jepang yang digunakan sejak Perang Dunia ke-2. Namun bagi penduduk Korea Selatan, lambang tersebut justru melambangkan ekspansi militer Jepang ke Korea pada tahun 1592 sehingga masih dianggap ofensif bagi warga Korea.

YTN mengabarkan pameran itu kemudian dibatalkan walau sebelumnya disepakati pameran tidak akan menampilkan item-item sensitif. Panitia juga tidak mengeluarkan penjelasan mengapa tidak memilih lokasi pameran di tempat yang netral, bukan di Monumen Perang.

Belum lama ini pameran serupa juga diadakan di Taiwan. Jepang pernah menjajah Taiwan sampai akhir Perang Dunia II, tapi pameran tetap berlangsung tanpa mengalami masalah. (wk/dn)

Read more: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00054496.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s